Fenomena Fisika dan Kimia: Pengertian serta Perbedaannya

Agar kita memahami Perbedaan antara Fenomena Fisika dan Kimia, pertama-tama kita harus mengetahui tentang apa masing-masing konsep ini. Dengan cara ini kita dapat memahami hal-hal yang membuat mereka berbeda.

Fenomena Fisika dan Kimia

Fenomena fisika dan kimia

Secara umum pengertian fenomena fisika adalah fenomena di mana suatu zat mengalami suatu proses tanpa mengalami perubahan sifat atau sifat-sifatnya. Sedangkan fenomena kimia adalah fenomena di mana suatu zat mengalami proses di mana strukturnya dan ikatan antar molekulnya dimodifikasi.

Fenomena fisika

Mari kita mulai dengan mengetahui apa itu Fenomena Fisik. Fenomena fisika semua adalah perubahan yang dapat terjadi pada materi tanpa mengubah konstitusinya yaitu zat baru tidak terbentuk dan oleh karena itu ia tidak kehilangan sifat-sifatnya. Yang ada hanyalah perubahan bentuk atau keadaan agregasi.

Dengan cara ini, proses tersebut tidak mengubah sifat alaminya dengan cara apa pun. Ini berarti bahwa konformasi zat tersebut tidak berubah meskipun mengalami beberapa perubahan.

Jenis perubahan yang terjadi selama Fenomena Fisika memiliki karakteristik bahwa mereka dapat dibalik. Ini adalah perubahan yang dapat dibalik atau tidak, dan itu terjadi pada tubuh, materi atau zat.

Beberapa contoh fenomena fisika adalah:

  • Gravitasi: Inilah yang membuat kita tetap di planet ini, ini adalah fenomena fisik yang menyatukan segala sesuatu dan memungkinkan kehidupan di planet ini.
  • Tekanan udara: Tanpa itu, tubuh kita akan meledak.
  • Suara: Ini adalah gelombang yang bersirkulasi melalui cairan dan bahan.
  • Perubahan keadaan: Perubahan keadaan materi adalah fenomena fisik yang terjadi tanpa mengubah komposisinya.

Contoh konkrit:

  • Ketika es dibuat dari air. (Air mengubah keadaannya tetapi tidak komposisinya. Dan ketika mencair, ia kembali ke keadaan semula)
  • Tekuk kawat. (Kawat akan berubah bentuk, tetapi bahannya tidak akan mengubah komposisinya.)
  • Melarutkan garam dalam air. (Saat membuat campuran ini, baik air maupun garam tidak mengubah komposisi kimianya)

Ketahui juga informasi tentang Perbedaan Level Laser Sinar Merah dan Hijau di blog Lentera Informasi ini

Fenomena kimia

Fenomena kimia adalah perubahan yang zat hadir ketika mereka bereaksi satu sama lain dan kehilangan karakteristik aslinya dan menimbulkan zat lain dengan sifat dan karakteristik yang berbeda.

Dengan demikian, terjadi proses di mana ada perubahan atau transformasi satu atau lebih zat yang terlibat. Ini adalah proses ireversibel  yang berarti bahwa komposisi bagian berubah tanpa dapat kembali ke keadaan semula.

Selama Fenomena Kimia ada pertukaran energi. Energi dibutuhkan untuk melakukan dan ketika dilakukan, mereka melepaskan energi.

Contoh Fenomena Kimia:

Penyatuan komponen sederhana untuk membentuk yang lebih kompleks. Misalnya, dua molekul hidrogen berikatan dengan satu molekul oksigen untuk membentuk air, oksidasi, reaksi antara zat seperti hidrogen dan oksigen untuk membentuk air.

Dalam proses pembakaran, melewati api, zat mengubah keadaan aslinya. Misalkan pembakaran bahan kertas, kayu atau gas.

Perbedaan antara fenomena fisika dan fenomena kimia

  • Fenomena fisika adalah fenomena yang terjadi pada suatu zat, benda, atau bahan tanpa mengubah sifat-sifatnya.
  • Dalam fenomena fisika, zat dilestarikan karena tidak ada perubahan pada struktur kimianya.
  • Fenomena kimia adalah fenomena yang menghasilkan transformasi satu atau lebih zat. Zat asli mengalami perubahan struktur dan ikatannya dan diubah menjadi zat lain.
  • Dalam fenomena kimia, zat asli tidak kekal karena struktur kimianya berubah secara ireversibel.

Sekarang kita tahu apa arti masing-masing istilah ini, kita dapat memahami apa yang membuatnya berbeda. Perbedaan antara fenomena fisika dan kimia adalah bahwa yang pertama tidak mengubah konformasi zat yang terlibat. Di sisi lain, selama fenomena kimia, zat diubah dan variasi komposisi kimianya dihasilkan.

Teknologi: Fenomena Fisika dan Kimia: Pengertian serta Perbedaannya

 

Anda telah membaca uraian singkat tentang "Fenomena Fisika dan Kimia: Pengertian serta Perbedaannya" yang telah dipublikasikan oleh Lentera Informasi. Semoga bermanfaat dan menambah informasi. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Lentera

Ikut berbagi informasi menarik di sekitar kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *